Beranda » Info Bagus » Informasi Seputar Rangka Atap Baja Ringan

Informasi Seputar Rangka Atap Baja Ringan

T Diposting oleh pada 4 March 2016
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 345 kali

Selain kayu dan beton, baja juga merupakan elemen penting dalam dunia konstruksi. Baja yang sering digunakan dalam dunia konstruksi adalah baja karbon (carbon steel). Konstruksi baja biasa digunakan pada konstruksi atap, baik menggunakan baja konvensional maupun baja ringan. Akhir-akhir ini, penggunaan baja ringan makin sering dijumpai pada rangka atap bangunan rumah maupun bangunan publik. Bagi orang awam, tentu akan timbul pertanyaan seputar baja ringan, apakah baja ringan itu? dan mengapa baja ringan cocok digunakan untuk rangka atap bangunan?. Berikut ini kami paparkan informasi seputar rangka atap baja ringan sebagai pertimbangan Anda dalam memilih struktur rangka atap untuk rumah Anda.

Pengertian Baja Ringan
Baja ringan adalah jenis baja yang terbuat dari logam campuran yang terdiri atas beberapa unsur metal, dibentuk setelah dingin dengan memproses kembali komposisi atom dan molekulnya, sehingga menjadi baja yang lebih ringan dan fleksibel (Nugroho, 2014). Bahan yang dipakai adalah baja bermutu tinggi atau disebut dengan high tension steel. Walaupun baja ringan tergolong tipis dan ringan, tetapi kuat masa tariknya tidak kalah besar dengan baja konvensional. Bentuk rangka atap baja ringan adalah truss, yaitu terdiri dari banyak batang untuk mendukung beban, berbeda dengan rangka atap baja konvensional yang berbentuk monoframe, yaitu terdiri dari sedikit batang untuk mendukung beban.

Baja ringan dilapisi oleh dua komposisi bahan yang berfungsi sebagai lapisan anti karat, yaitu galvanis dan zincalume. Galvanis memiliki komposisi 98% zinc + 2% alumunium, sedangkan komposisi zincalume adalah 55% alumunium + 43,5% zinc + 1,5% silikon. Karena galvanis terbentuk oleh zinc (seng) dengan komposisi yang besar maka galvanis tahan terhadap korosi air adukan semen, namun tidak tahan terhadap air garam. Sebaliknya, zincalume tahan terhadap korosi air garam namun rentan terhadap air adukan semen. Di Indonesia, ketebalan baja ringan berkisar antara 0,4 mm – 1 mm, dengan derajat kekuatan tarik antara 500 – 550 MPa, lebih besar dari kuat tarik baja konvensional yaitu sekitar 300 MPa.

Steel Framing Roof Trusses X1 Profile 01

rangka atap baja ringan

Spesifikasi Baja Ringan
Untuk rangka atap, standar kualitas baja ringan yang digunakan adalah G550 (nilai kuat tarik minimal 550 MPa). Struktur rangka atap baja ringan terdiri dari : kuda-kuda, gording/reng dan jurai. Kuda-kuda terbagi atas tiga bagian, yaitu : top chord (elemen atas), bottom chord (elemen bawah) dan web (elemen yang tersusun secara vertikal dan diagonal yang terhubung pada chord). Profil baja ringan yang umum digunakan, yaitu profil C, profil U terbalik, profil hollow, profil reng.

Cek Harga paket Pemasangan Baja Ringan Terbaru silahkan klik: Daftar Harga Baja Ringan

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan
Rangka atap baja ringan memiliki banyak kelebihan yang membuatnya makin dilirik oleh para konsumen, yaitu :
1. Berbobot ringan, sehingga beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah.
2. Pemasangan baja ringan relatif mudah dan cepat.
3. Tahan terhadap karat.
4. Bersifat non-cumbustible (tidak mudah terbakar).
5. Hampir tidak memiliki nilai muai dan susut.
6. Proses finishing yang mudah, karena tidak memerlukan pengecatan

 

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan
Selain banyak kelebihan, baja ringan pun mempunyai kekurangan, yaitu :
1. Dari segi estetika, rangka atap baja ringan kurang menarik.
2. Tidak sefleksibel kayu yang mudah dibentuk
3. Jika terdapat salah hitung pada salah satu bagian struktur hitung maka bagian lainnya akan terpengaruh.

Cold-Formed-Steel-1

rangka atap baja ringan

Sebelum Anda memutuskan untuk menerapkan rangka atap baja ringan pada bangunan Anda, pastikan bahwa Anda memilih dan membeli material baja ringan yang benar-benar kuat, yang ditunjang dengan perhitungan struktur. Selain itu, mengingat bahwa baja ringan rentan terhadap adukan semen, maka hindari jatuhan adukan semen pada profil pada saat melakukan kegiatan plesteran dinding dan pemasangan nok genteng. Dan yang terakhir, pastikan tidak ada goresan terhadap profil baja ringan, demi terhindar dari proses korosi.

Demikian informasi seputar rangka atap baja ringan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk Informasi Seputar Rangka Atap Baja Ringan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Informasi Seputar Rangka Atap Baja Ringan

Struktur Atap Baja Ringan : Trend Bangunan Masa Depan

T 31 March 2016 F A Petra Truss

Jika Anda mencoba berkeliling dunia, dapat dipastikan Anda akan sulit menemukan bangunan bata dengan rangka atap kayu dan penutup atap genteng tanah liat seperti yang masih sering kita temui di beberapa daerah di Indonesia. Anda akan menemukan dominasi rangka atap... Selengkapnya

Jasa Pemasangan Atap Baja Ringan Bogor

Jasa Pemasangan Atap Baja Ringan Bogor

T 3 April 2016 F A Petra Truss

[horizontal-scrolling group=”GROUP1″] Jika Anda membaca artikel ini, ada beberapa kemungkinan bahwa Anda : Berencana mengganti rangka atap rumah Anda dengan rangka atap baja ringan, atau Sedang mencari jasa pemasangan atap baja ringan untuk proyek rumah baru Anda, atau Ingin memasang... Selengkapnya

3 Model Kanopi Minimalis Baja Ringan

3 Model Kanopi Minimalis Baja Ringan

T 13 March 2016 F A Petra Truss

Pada artikel sebelumnya telah kami ulas sekilas mengenai keunggulan baja ringan sebagai atap kanopi, yaitu anti karat, pemasangan lebih mudah, tahan terhadap api dan gempa, tidak mengalami muai dan susut, serta yang terpenting adalah biaya yang lebih murah dibanding material... Selengkapnya

+ SIDEBAR
× Segera Hubungi Kami