Beranda » Daftar Harga Pemasangan » Langkah Menghitung Harga Pasang Atap Baja Ringan

Langkah Menghitung Harga Pasang Atap Baja Ringan

T Diposting oleh pada 13 July 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 41 kali
Langkah Menghitung Harga Pasang Atap Baja Ringan

Langkah Menghitung Harga Pasang Atap Baja Ringan

Setiap orang yang mungkin ingin membangun rumah atau ingin merenovasi rumah pasti tidak akan lepas dari informasi harga pasang atap baja ringan. Karena memang kebanyakan orang pada masa sekarang ini lebih memilih menggunakan baja ringan untuk atap rumah mereka. Dan sebelum kita memutuskan untuk memasang atap baja ringan itu tentunya kita harus mencari tahu harga dan memperhitungkannya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan informasikan perhitungan yang dibutuhkan untuk menghitung harga pasang dengan beberapa contoh.

Spesifikasi Dalam Atap Baja Ringan

Dalam atap dengan baja ringan itu ada 2 hal yang harus dipikirkan yakni soal rangka dan juga atap yang akan digunakan. Spesifikasi dari atap ini harus ditentukan terlebih dahulu supaya kita tahu secara pasti anggaran untuk membuat atap rumah tersebut. Untuk rangka atap sendiri menggunakan baja ringan, namun tentu ada pilihan seperti bentuk dan juga ketebalan dari baja ringan itu. Nah pada kesempatan ini kami akan jelaskan satu per satu yang harus kita perhitungkan.

  1. Rangka Atap

Hal pertama yang harus diperhitungkan dan dipilih adalah soal pemilihan baja ringan untuk rangka atap rumah kalian. Dan untuk pembuatan rangka sendiri terdiri dari 2 jenis baja ringan dengan fungsi yang berbeda-beda untuk pembuatan atap rumah. Nah berikut kami akan jelaskan 2 jenis baja ringan yang nanti akan dipergunakan dan harus kalian perhitungkan dalam pembuatan rumah.

  1. TRUS/Kaso Metal Baja Ringan

Ini adalah baja ringan yang akan menjadi rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan tersebut. Baja ringan ini dilapisi dengan aluminium dan juga seng yang sering disebut dengan Galvalume atau Zincalume. Ketebalan dari baja ini biasanya 0,60 mm , 0,70 mm , 0,75 mm, sampai 1mm. Tingginya sekitar 75 cm dan panjangnya adalah 6 meter.

  1. Reng Baja Ringan

Untuk reng itu adalah baja ringan yang memiliki bentuk trapesium dan biasanya digunakan sebagai peletakan atap. Secara umum ketebalan dari baja ringan reng ini adalah 0,45 mm saja. Tinggi dari baja ringan reng ini sekitar 28 mm sampai 40 mm, semakin tinggi biasanya akan semakin kuat. Jika menggunakan genteng beton ataupun keramik, disarankan sih memakai baja ringan minimal tinggi 30 mm.

  1. Atap

Hal kedua yang menjadi satu paket dalam pemasangan atap baja ringan itu adalah bagian atapnya tentu saja. Dan bagian atap sendiri memiliki beberapa jenis atap yang bisa dipergunakan lho sebenarnya. Berikut ini beberapa jenis atap yang bisa dipakai dengan menggunakan rangka atap baja ringan tadi.

  1. Atap Gelombang Onduline

Untuk panjang dari atap ini sebenarnya bervariasi mulai dari 150 cm, 180 cm, 210 cm, 240 cm, dan 300 cm. Untuk lebarnya sendiri adalah 80 cm, namun untuk lebar efektifnya itu hanya sekitar 65 cm saja. Ketebalan dari atap ini adalah 1,4 mm, harga atap ini akan berpengaruh pada harga pasang atap baja ringan.

  1. Genteng Metal

Genteng metal menjadi salah satu pilihan untuk atap baja ringan di rumah kita, dan ada beberapa jenis genteng metal. Ada genteng metal berpasir dan juga genteng metal rainbow yang bisa dipilih. Untuk panjang totalnya mencapai 410 mm, namun efektifnya biasanya hanya 365 mm saja. Untuk lebar total mencapai 710 mm, dan efektifnya biasanya 645 mm. Luas efektifnya itu adalah 0,24 meter persegi.

  1. Atap Spandek

Untuk atap jenis berikutnya bisa menggunakan atap spandek, dan ada 2 jenis untuk atap spandek tersebut. Pertama ada yang namanya atap spandek polos dan juga ada atap spandek berpasir, ketebalan biasanya 0,3 mm. Untuk panjangnya sendiri ada 2 tipe yakni yang 4 ,5 meter dan juga yang 6 meter. Untuk lebar efektifnya biasanya mencapai 1 meter.

  1. Pilihan Atap Lainnya

Selain dari beberapa pilihan di atas, sebenarnya ada pilihan lain yakni dengan menggunakan genteng keramik dan juga genteng tanah. Tentu ini akan berpengaruh sangat besar pada paket pemasangan atap baja ringan tersebut.

Langkah Menghitung Biaya Pasang Atap Baja Ringan

Untuk bisa menghitung biaya untuk kita memasang atap baja ringan itu ada beberapa langkah yang harus kita ambil. Dengan langkah tersebut, kami rasa nantinya biaya yang akan keluar itu benar-benar merupakan biaya yang sudah tepat. Jadi kita itu harus mengikuti langkah tersebut agar kita tahu persis perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang atap baja ringan tersebut. Berikut ini langkah untuk kita bisa menghitung harga ataupun biaya untuk memasang atap dengan baja ringan.

  1. Membuat Sketsa Atap

Langkah yang paling pertama yang tentunya akan sangat menentukan itu adalah kita harus membuat sketsa atap terlebih dahulu. Karena ada beberapa model yang bisa digunakan sebagai atap rumah yang mungkin bisa kalian pakai di rumah kalian. Dan tentunya itu nantinya akan berkaitan dengan harga yang harus kalian bayarkan.

Dalam pembuatan sketsa atap pun jangan sampai lupa untuk menuliskan ukuran dari rumah kalian ya. Karena ukuran ini nantinya akan menjadi dasar untuk menghitung biaya bahan yang diperlukan untuk pembuatan atap rumah tersebut. Sehingga nanti bisa dihitung juga biaya pemasangannya sampai selesai berapa.

  1. Hitung Luas Atap Rumah

Setelah kalian sudah membuat sketsanya dan kemudian sudah tahu ukuran rumah kalian, maka kalian bisa mulai menghitung luas atap rumah kalian. Untuk luas atap rumah dan juga luas rumah itu berbeda, ada overstack di sisi kanan, kiri, depan, dan belakang rumah sebesar 0,5 meter. Ada cara untuk menghitungnya, berikut kami akan jelaskan contoh perhitungan luas atap rumah bila luas rumah panjang 6 dan lebar 10 meter. Untuk tingkat kemiringannya anggap saja sekitar 30 derajat.

LAR = Panjang x Lebar / Cosinus derajat kemiringan

LAR = (6 meter + 1 meter) x (10m + 1 meter) / cos 30 derajat

LAR = 7 x 11 / 0,866

LAR = 88,92 Meter persegi

Perhitungan LAR ini nantinya akan jadi dasar menghitung harga pasang atap baja ringan yang harus kita bayarkan.

  1. Tentukan Material Penutup Atap

Langkah berikutnya kita harus menentukan dulu material apa yang akan dipergunakan untuk menutupi atap rumah kita. Ada banyak sekali pilihannya ya, ada genteng metal, ada atap spandek, ada atap gelombang Onduline, dan bisa juga genteng multiroof. Setiap material tentu saja akan sangat berpengaruh pada harga untuk pemasangan atap baja ringan di rumah kita. Mungkin bisa cari informasi untuk harga setiap jenis material tersebut dan memilih yang paling sesuai.

  1. Menghitung Biaya

Langkah terakhir adalah menghitung biaya untuk pemasangan atap tersebut setelah semua material dan juga sketsa atap sudah diperhitungkan. Nah berikut ini kami akan berikan contoh perhitungannya apabila menggunakan baja ringan dengan tebal 1 mm harganya 140 ribu per meter persegi. Atap yang dipakai adalah genteng metal dengan harga 100 ribu setiap meter persegi. Berikut ini perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan ukuran rumah 6 x 10 meter yang sudah kita hitung sebelumnya.

BBR = (88,92 x 140 ribu) +(88,92 x 100 ribu)

BBR = 12.448.800 + 8.892.000

BBR = 22.230.000

Jadi perhitungan untuk biaya yang diperlukan dalam memasang baja ringan untuk atap rumah adalah kisaran 22 juta 230 ribu.

Daftar Harga Paket Pasang Atap Baja Ringan

Nah untuk membantu kita dalam pemasangan atap dengan bahan baja ringan, sebenarnya sekarang sudah banyak jasa pasang atap. Yang lebih menguntungkan dari penggunaan jasa tersebut adalah ada pilihan paket yang bisa dibilang cukup lengkap untuk kita pakai. Dan berikut ini kami akan informasikan beberapa paket yang bisa kalian pilih untuk memasang atap baja ringan di rumah kalian.

  1. Paket rangka atap baja ringan dengan ketebalan 0,75 mm adalah 130 ribu untuk setiap meter persegi
  2. Paket rangka atap baja ringan dengan ketebalan 1 mm harganya adalah 155 ribu untuk per meter persegi
  3. Paket memasang rangka atap baja ringan dengan ketebalan 0,75 mm. Ditambah dengan atap Gelombang Onduline termasuk nok harga pasang atap baja ringan adalah 370 ribu untuk setiap meter persegi.
  4. Paket yang keempat adalah rangka atap baja ringan ketebalan 0,75 mm, ditambah dengan paket atap genteng metal berpasir. Untuk paket ini harganya adalah 230 ribu per meter persegi sudah termasuk nok.
  5. Paket kelima yang tersedia adalah paket rangka baja ringan ketebalan 0,75 mm, dengan tambahan paket genteng metal rainbow. Harga untuk paket ini adalah 295 ribu per meter persegi termasuk nok.
  6. Paket keenam dengan rangka atap baja ringan setebal 0,75 mm dan juga atap spandek polos. Untuk harganya adalah 225 ribu untuk setiap meter persegi sudah termasuk nok.
  7. Paket ketujuh yakni dengan rangka atap baja ringan juga dan tebal 0,75 mm ditambah atap menggunakan spandek berpasir. Harga dari paket ini adalah 230 ribu untuk setiap meter persegi sudah termasuk nok.
  8. Paket berikutnya menggunakan rangka baja ringan dan juga paket genteng keramik Kanmuri namun tanpa nok. Harga yang ditawarkan itu adalah 360 ribu untuk setiap meter persegi. Untuk pemasangan nok harganya 150 ribu per meter.
  9. Paket selanjutnya adalah atap dengan rangka baja ringan setebal 0,75 mm dan atap genteng tanah Morando Glazur tanpa nok 290 ribu per meter persegi. Untuk tambahan nok sendiri harganya adalah 120 ribu per meter
  10. Ada beberapa pemasangan lain seperti aluminium foil untuk single 35 ribu per meter persegi dan untuk double adalah 45 ribu. Lalu ada talang lembaran harganya 90 ribu per meter, dan list plank lebar 20 cm harganya 85 ribu per meter.

Kesimpulan

Memang kita bisa menghitung sendiri keperluan untuk memasang atap itu biayanya berapa. Akan tetapi kita juga bisa lihat dari para penyedia jasa pemasangan atap baja ringan, biasanya mereka sudah memberikan paket tertentu. Dan biasanya harga pasang atap baja ringan dengan paket itu lebih murah.

Jika kamu saat ini sedang berencana mau membangun rumah menggunakan atap baja ringan dengan harga terjangkau bisa menghubungi kami melalui Telepon / Whatsapp : 0896 89 123 123. Kami juga menyediakan jasa pemasangan atap baja ringan dengan harga yang murah. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan penawaran harga dengan menghubungi kontak kami tersebut diatas. Ada berbagai macam model produk yang kami miliki. Silahkan kamu bisa jelaskan kepada kami kebutuhan baja ringan yang kamu inginkan.

Belum ada Komentar untuk Langkah Menghitung Harga Pasang Atap Baja Ringan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Langkah Menghitung Harga Pasang Atap Baja Ringan

Harga Genteng Metal Rainbow Terbaru 2019

T 22 September 2015 F A Petra Truss

Genteng metal rainbow terbuat dari plat baja “Galvanis” yaitu bahan baja yang dilapisi zinc. Kombinasi lapisan “Galvanis” dan lapisan zinc memberikan perlindungan ganda terhadap plat baja Genteng Metal Rainbow. Selain itu lapisan dasar acrylic base coat, butir-butir batuan dan acrylic... Selengkapnya

harga pagar besi,harga pagar besi minimalis,harga pagar besi per meter,harga pagar besi biasa

Harga Dan Model Pagar Besi 2019

T 30 September 2015 F A Petra Truss

Sedang Mencari Harga Pagar Besi Murah? Jika Anda sedang mencari harga pagar besi murah, ada baiknya Anda juga mengetahui keunggulan dari pagar besi. Tentunya dengan mengetahui keunggulan dari pagar besi, Anda bisa lebih yakin untuk memasang pagar besi di rumah... Selengkapnya

atap spandek

Harga Atap Baja Ringan Murah Terbaru 2021

T 1 January 2021 F A Petra Truss

Harga Atap Baja Ringan Saat ini, harga atap baja ringan bisa dibilang cukup murah dan terjangkau. Karena material baja ringan sudah mampu menggantikan posisi kayu untuk kebutuhan rangka atap. Baja ringan juga memiliki kelebihan-kelebihan yang tak kalah hebatnya dengan material... Selengkapnya

+ SIDEBAR
× Segera Hubungi Kami