Beranda » Tips Pemasangan » Alasan Mengapa Atap Rumah Anda Harus Menggunakan Bahan Material Baja Ringan

Alasan Mengapa Atap Rumah Anda Harus Menggunakan Bahan Material Baja Ringan

T Diposting oleh pada 14 September 2015
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2501 kali

[horizontal-scrolling group=”GROUP1″]

Bahan material baja ringan adalah yang sekarang sedang sangat populer, hal ini dikarenakan bahan material baja ringan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki material lain sehingga lebih efisien untuk biaya, tenaga, dan waktu pemasangan nya. Mengapa banyak pemilik bangunan atau kontraktor yang memilih menggunakan bahan material baja ringan sebagai bagian dari konstruksi bangunan modern?

Semakin berkembangnya teknologi dalam konstruksi bangunan, semakin banyak ditemukannya material-material baru yang lebih efisien, praktis, dan memiliki banyak kelebihan dibanding dengan material sejenis sebelumnya. Salah satunya adalah material bangunan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia yaitu baja.  Baja sudah lama digunakan sebagai bahan material sejak abad ke 20 namun belum begitu populer karena ketika itu harganya masih mahal dan hanya digunakan ketika tidak ada material yang memiliki kualitas lebih baik dan lebih murah.

Sebagai bahan material yang kini paling populer, baja memiliki sifat yang menguntungkan dari bahan material lain nya seperti lebih kuat, sifatnya tidak berubah meski digunakan dalam jangka waktu lama, anti karat, eslastis,  dan biaya efisien mengingat tidak diperlukan perawatan khusus. Tetapi baja masih dianggap terlalu berat dan kadang tidak cukup elastis terutama untuk menahan beban berat. Oleh karena itu dibuatlah baja yang bisa menutupi kekurangan baja biasa yaitu baja ringan.  Bahan material baja ringan kini juga lebih banyak digunakan sebagai bahan material untuk rangka atap bangunan karena kelebihan dibanding material lain. Apa saja?

Baja-Ringan-Bahan-Material-Baja-Ringan

Bahan Material Baja Ringan

Baja-Ringan-Bahan-Material-Baja-Ringan

Bahan Material Baja Ringan

Lebih ringan dan tipis

Umumnya bahan material baja ringan hanya diproduksi dengan ketebalan 0,4 mm hingga 3 mm yang membuat baja ini tipis dan lebih ringan daripada baja konvensional. Lebih tipis bukannya jadi lebih rapuh? Meski memilki ketebalan yang lebih tipis, bahan material baja ringan ini menggunakan baja konvensional dengan kualitas mutu yang tinggi dan dibuat dengan menggunakan metode cold-formed steel yang membuatnya memiliki kekuatan yang sama dengan baja konvensional.

Lebih aman

Bahan material Bbja ringan merupakan bahan material sipil yang tahan terhadap api sehingga tidak mudah terbakar. Jika dibandingkan dengan material kayu yang sangat mudah terbakar dan menimbulkan asap, baja lebih aman digunakan sebagai bahan bangunan seperti misalnya kerangka atap agar ketika terjadi kecelakaan resiko bahayanya bisa diminimalkan.  Ia juga memiliki sifat non-combustible atau tidak membesarkan api sehingga api bisa segera dipadamkan dan dilakukan evakuasi dengan lebih aman.

Tahan lama

Bahan material baja ringan memiliki keunggulan yang membuatnya lebih efisien yaitu tahan lama karena ia bersifat antikarat dan antirayap. Kayu sebagai bahan material kini mulai ditinggalkan karena selain harganya yang mahal, kayu dengan kualitas baik dan antirayap kini semakin sulit didapatkan. Oleh karena itu dipilihlah material dengan harga yang efisien dan lebih awet serta lebih ramah lingkungan karena tidak merusak alam.

Pengerjaan lebih cepat

Terburu-buru dikejar deadline pengerjaan semakin menguatkan bahwa sebaiknya menggunakan bahan material baja ringan sebagai pilihan nya.  Karena ia memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan baja konvensional atau kayu maka tidak perlu menggunakan alat khusus untuk memasangnya. Sistem pemasangan bahan material baja ringan tampak nya juga lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan bahan material lainnya. Ia memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi artinya bisa dibentuk sesuai dengan pesanan sehingga ketika sudah dikirim, tinggal dipasang saja tidak perlu menyesuaikannya lagi sehingga menghemat waktu pengerjaan.

Hemat biaya

Jika menggunakan kayu harus dicat lagi menggunakan cat antirayap dan agar warnanya lebih mengkilap, begitu juga dengan material besi yang harus dicat dengan cat antikarat agar tidak mudah terjadi korosi bila bersentuhan dengan oksigen di udara bebas. Bahan material baja ringan tidak memerlukan semua itu karena ia sudah memiliki sifat unggul tanpa harus dilapisi dengan berbagai macam cat. Ia juga tidak mudah lapuk dan tahan lama sehingga tidak harus diganti setiap jangka waktu pendek. Dengan demikian biaya pengerjaan bisa lebih efisien dan menghemat banyak biaya tambahan lainnya.

 

Belum ada Komentar untuk Alasan Mengapa Atap Rumah Anda Harus Menggunakan Bahan Material Baja Ringan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Alasan Mengapa Atap Rumah Anda Harus Menggunakan Bahan Material Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan Murah Dan Berkwalitas

Kanopi Baja Ringan Murah Dan Berkwalitas

T 28 Juni 2015 F A Petra Truss

Kanopi baja ringan murah saat ini banyak dicari pemilik rumah yang tinggal di perumahan dan para penggemar desain rumah minimalis, hal ini karena kanopi baja ringan murah dapat memberikan keteduhan dengan kesan modern dan minimalis. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis... Selengkapnya

Tips Renovasi Rumah Agar Tidak Boros Dan Tepat Guna

Tips Renovasi Rumah Agar Tidak Boros Dan Tepat Guna

T 17 September 2015 F A Petra Truss

Memperbaiki rumah yang sudah tua atau sekedar ingin ganti suasana mengharuskan Anda untuk melakukan renovasi rumah. Rumah memang perlu di-maintenance terutama jika usia rumah sudah tua dan lama tidak diperbaiki. Pekerjaan yang menyita waktu dan biaya ini bisa Anda siasati... Selengkapnya

Desain Pagar Rumah Minimalis dari Tembok dan Kombinasi Bahan Lain

Desain Pagar Rumah Minimalis dari Tembok dan Kombinasi Bahan Lain

T 3 Oktober 2015 F A Petra Truss

Desain pagar rumah minimalis sudah semestinya dipikirkan secara matang. Meskipun pagar rumah bukan komponen utama. Pasalnya sekarang ini pagar rumah tidak hanya berfungsi sebagai pelindung saja. Lebih dari itu. Pagar juga mampu menambah nilai keindahan dan kerapian dari sebuah rumah.... Selengkapnya

+ SIDEBAR
× Segera Hubungi Kami