Categories : Info Bagus

 

Sebuah keindahan sejati dari suatu bahan bangunan memang layak untuk diekspose, begitulah kira-kira alasan yang mendasari para praktisi konstruksi atau arsitek dalam merancang rencana atap sebuah bangunan. Mendengar kata rangka atap ekspose, kebanyakan dari kita akan menebak : pasti material yang digunakan adalah kayu. Tentu saja, kayu memang memiliki tekstur alami yang artistik yang sayang jika tersembunyi begitu saja di balik plafon. Pertanyaannya sekarang, apakah rangka atap ekspose hanya milik kayu saja? Tidak adakah material lain yang “berhak” untuk diekspose?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita telisik lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan kuda-kuda ekspose, sebagai pengayaan dan pertimbangan berharga bagi masyarakat yang hendak membangun rumah idamannya.

Kelebihan rangka atap ekspose

  1. Tanpa adanya plafon horizontal, maka ruangan akan menjadi lebih luas
  2. Penghawaan ruangan akan menjadi lebih baik, sehingga suhu ruangan dapat lebih nyaman
  3. Dapat menghilangkan kebosanan terhadap garis horizontal yang dihasilkan oleh plafon, berganti menjadi suasana interior yang jauh lebih artistik
  4. Lebih mudah melakukan maintenance terhadap penutup atap atau titik-titik lampu

Kekurangan rangka atap ekspose

  1. Pemasangannya membutuhkan skill yang tinggi, tidak semua pekerja dapat melakukannya
  2. Dampak dari poin nomor 1 adalah biaya tenaga kerja menjadi lebih mahal
  3. Ekspose berkaitan dengan sesuatu yang ditampilkan. Menampilkan rangka atap membutuhkan pekerjaan finishing yang cukup detail dan rapi, berdampak pada biaya finishing yang lebih mahal.
  4. Dari segi waktu pelaksanaan juga lebih lama

Dengan beberapa kekurangan tersebut, sepertinya hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti jika Anda memiliki anggaran yang lebih. Untuk mendapatkan interior rumah yang fantastis tidak jarang Anda memang harus merogoh kocek lebih dalam, demi sebuah kepuasan bukan?

Types-Of-Steel-Roof-Trusses

rangka atap baja ringan ekspose

Kembali kepada pertanyaan di atas, adakah material selain kayu yang memiliki keindahan yang serupa jika diekspose? Jawabannya mudah : tentu ada, yaitu baja ringan. Telah diakui oleh berbagai kalangan bahwa baja ringan memiliki kekuatan dan daya tahan yang prima serta memiliki keluwesan yang cukup baik untuk mengikuti beragam desain rangka atap. Dengan demikian, jelas bahwa rangka atap baja ringan dapat diekspose. Ditambah lagi dengan fakta bahwa ketersediaan kayu semakin langka, berujung pada harga bahan baku kayu yang semakin mahal, maka memilih baja ringan sebagai rangka atap ekspose adalah hal yang tepat.

Secara estetika, memang baja ringan masih sedikit di bawah kayu, akan tetapi bukan berarti rangka atap baja ringan tidak indah jika diekspose. Kunci suksesnya adalah dengan melakukan pemasangan yang sesuai kaidah teknis (bracing terpasang kuat, ikatan angin, dan sebagainya), menambahkan lapisan aluminium foil double side, serta melakukan pengontrolan terhadap segala resiko yang dapat menimbulkan korosi (bekas las atau bekas pemotongan), maka akan dihasilkan ekspose rangka atap yang indah. Penambahan beberapa material pembantu juga diperlukan –seperti glasswool-, demi mendapatkan insulasi panas dan suara yang baik.

Hairdo-by-Ryo-Matsui-Architects_dezeen_9

rangka atap baja ringan ekspose

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa Anda harus mencari jasa pemasangan rangka atap baja ringan yang memiliki tenaga ahli yang berpengalaman dalam hal pemasangan rangka atap baja ringan ekspose. Salah satu jasa pemasangan baja ringan atau aplikator baja ringan yang professional adalah aplikator baja ringan bogor, yang melayani pemasangan rangka atap baja ringan dengan segala spesifikasi yang Anda butuhkan. Untuk informasi lebih detail silakan klik disini.

Semoga informasi mengenai rangka atap baja ringan ekspose tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.