Categories : Tips Pemasangan

 

Diakui bahwa saat ini penggunaan baja ringan untuk material beberapa bangunan cukup diminati. Selain berkualitas tinggi dan baik untuk bangunan, juga karena kekokohannya yang mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meski namanya baja, namun di sini yang digunakan adalah baja ringan yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga bobotnya ringan serta kualitasnya yang bisa diandalkan untuk bangunan maupun hunian tempat tinggal.

Dan yang lebih penting lagi adalah sisi praktis dari penggunaan baja ringan itu sendiri. Baja ringan biasanya sudah dibentuk, misalnya atap, rangka atap, kanopi, dan lain sebagainya. Lalu berapa ya kira-kira harga baja ringan itu sendiri?

Jenis Baja Ringan

Baja ringan umumnya mempunyai beberapa jenis yaitu galvalume, zincalume, dan galvanize. Berikut ulasan ketiga jenis-jenis baja ringan tersebut.

Pertama, galvalume adalah jenis baja ringan yang komposisi bahannya terdiri dari campuran aluminium, zinc, dan silicon. Persentasenya berupa 55 % dari aluminium, 43,5 % dari zinc, dan 1,5 % dari silicon. Bahan-bahan tersebut saling melebur dan membentuk material baja ringan yang kokoh.

Kedua, zincalume merupakan material baja ringan yang komposisi bahannya hampir sama dengan baja ringan jenis galvalume. Zincalume sebenarnya adalah merk salah satu produsen baja ringan terkenal. Baja ringan ini juga dikenal kokoh.

Ketiga, galvanis yaitu jenis baja ringan yang komposisinya terdiri dari zinc dengan persentase 90 % dan aluminum yang persentasenya 0,2 %. Baja ringan ini dilapisi dengan material lain.

Nah, dari ketiga jenis baja ringan di atas, yang sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia adalah jenis baja ringan zincalume dan galvalume. Selain adanya SNI pada produk yang dijual, materialnya juga memiliki pelindung berupa aluminium yang lebih besar sehingga mampu bertahan dari karatan (korosi).

Baja ringan yang tersedia di berbagai toko bangunan ada yang dijual secara batangan dan ada pula yang dijual secara meteran (per meter). Sebagai konsumen, Anda harus memperhatikan kebutuhan baja ringan yang diperlukan, apakah menggunakan baja ringan batangan atau meteran.

Harga Baja Ringan

Baja ringan yang dijual di toko-toko bangunan di berbagai daerah memang berbeda-beda, sesuai dengan jenis material, kondisi geografis, transportasi, standar harga suatu daerah, dan lain-lain. Harga baja ringan banderolnya antar satu daerah dengan daerah lain cukup bervariasi.

Merk baja ringan juga beragam karena produsennya berbeda-beda. Harga batangan baja ringan mulai kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, sementara harga pemasangan per meter baja ringan berkisar pada angka seratusan ribu rupiah s/d duaratusan ribu tergantung dari jenis material, teknik pemasangan atau paket dalam pemasangan nya tersebut.

Berikut ini beberapa contoh harga baja ringan yang dijual di pasaran. Misalnya, baja ringan kaso (truss) merk Tangguh dengan tetebalan material 0,75mm harga  per batangnya sekitar Rp 70.000 s/d 76.000, kemudian reng baja ringan merk Tangguh harganya sekitar Rp 29.000 s/d 33.000 per batang. Kadangkala harganya bisa berubah karena kondisi pasaran.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.