Categories : Tips Pemasangan

 

Rumah terdiri dari beberapa bagian konstruksi seperti dinding, rangka dan atap sehingga memberikan bentuk sebuah rumah secara keseluruhan. Dinding rumah kebanyakan biasanya terbuat dari batu bata, batako ataupun papan kayu; sedangkan rangka bagian atap dibuat dari bahan kayu. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan pengolahan berbagai macam material logam maka rangka atap dengan bahan logam baja ringan menggantikan kayu. Ada beberapa alasan mengapa rangka kayu mulai ditinggalkan dan digantikan dengan rangka atap berbahan baja ringan; salah satunya adalah semakin sedikitnya pohon sebagai sumber kayu yang digunakan sebagai rangka atap. Adapun harga atap baja ringan ekonomis jika dibandingkan dengan rangka kayu karena memiliki daya tahan dan biaya pemeliharaan yang lebih rendah. Selain itu memang ada keunggulan – keunggulan lain dari rangka baja ringan; meskipun juga ada kekurangannya.

Harga-Atap-Baja-Ringan-Ekonomis

Harga Atap Baja Ringan Ekonomis

Harga-Atap-Baja-Ringan-Ekonomis

Harga Atap Baja Ringan Ekonomis

Perbandingan Atap Baja Ringan Dengan Bahan Lain

Atap Baja Ringan

Kekuatan rangka atap baja ringan diperoleh dari kombinasi bahan yang digunakan dan juga bentuk atau desain rangka. Rangka baja ringan telah melalui pengolahan material logam dengan kondisi dingin untuk menghasilkan rangka metal berketebalan sekitar 1 milimeter. Atas alasan itulah material berkualitas tinggi mutlak dibutuhkan untuk membuat rangka atap baja ringan. Ukuran yang tipis menjadi alasanmengapa rangka ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan jenis rangka atap yang lain. Kualitas bahan yang tinggi menjadi alasanmengapa kekuatan rangka baja ringan ini setara dengan rangka baja konvensional. Atas alasan itulah harga atap baja ringan ekonomis terbilang cukup mahal; namun menjadi ekonomis karena keunggulan dan kemudahan yang diperoleh

Kayu

Kayu merupakan materi rangka atap yang populer dan lazim digunakan karena dahulu bahan ini mudah didapat. Kayu memiliki keunggulan nilai artistik karena warna dan motif yang dimiliki; sehingga cocok untuk diaplikasikan pada struktur terbuka. Sebuah kelebihan yang tidak dimiliki rangka baja ringan. Untuk saat ini; harga atap baja ringan ekonomis juga masih terbilang lebih mahal dibandingkan harga rangka kayu. Hanya saja kayu akan lebih mudah rusak karena kelembaban, perubahan suhu, jamur, rayap ataupun cuaca.

Baja Konvensional

Rangka baja biasa atau baja konvensional menawarkan kekuatan dan daya tahan yang sanga baik. Namun rangka atap ini memiliki kelemahan karena lebih berat dan konstruksinya lebih sulit untuk dipasang. Dari segi derajat kekuatan tarikan; rangka baja biasa juga memiliki nilai yang lebih rendan dibandingkan baja ringan. Rangka atap baja ringan juga memiliki derajat kekuatan tarik cukup tinggi dengan nilai sekitar 550 Mpa; lebih tinggi dibandingkan baja biasa yang hanya 300 Mpa.

Keunggulan Umum Rangka Baja Ringan

Salah satu keunggulan rangka baja ringan adalah kemampuan meminimalisir beban pada dinding dan juga konstruksi lain yang mendukung rangka atap. Sesuai dengan namanya; rangka baja ini terbilang ringan jika dibandingkan dengan rangka besi biasa ataupun rangka kayu. Karena ringan dan tidak memberi beban yang memberatkan konstrusi yang menyangganya; rangka baja ringan sangat cocok untuk konstruksi rumah modern dan rumah tahan gempa. Rumah – rumah tahan gempa yang didirikan di daerah rawan gempa memang sebaiknya menggunakan rangka baja ringan karena tidak membebani konstruksi di bawahnya sehingga mengurangi resiko roboh jika terkena getaran gempa. Harga atap baja ringan ekonomis juga jika dibandingkan dengan penggunakan rangka kayu konvensional sehingga cocok untuk rumah yang rawan terkena gempa.

Harga atap baja ringan ekonomis karena faktor kemudahan perakitannya. Desain rangka atap baja ringan memang dibuat agar lebih mudah untuk membentuk konstruksi yang diinginkan melalui proses perakitan yang mudah dan sederhana. Ada perbedaan perhitungan konstruksi dan jarak pemasangan rangka baja ringan dibandingkan dengan rangka baja konvensional ataupun kayu; rangka baja ringan membutuhkan jarak pemasangan yang lebih pendek. Untuk penggunakan genteng dengan berat 40 kg per meter persegi dibutuhkan jarak ideal 1,2 meter.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

× Segera Hubungi Kami