Categories : Uncategorized

 

Atap adalah bagian terpenting dalam suatu bangunan, khususnya rumah. Karena berfungsi sebagai penutup rumah yang melindungi dari panas dan juga hujan. Saat membangun atau merenovasi rumah, kemiringan atap menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan.

Karena jika terlalu miring, atap akan mudah melorot dan jika terlalu landai, air hujan tidak akan mengalir lancar. Seringkali masalah bocornya atap rumah bukan karena genteng yang rusak tapi karena salah menerapkan standar kemiringan atap yang ideal.

Kami akan berikan informasi mengenai 6 jenis atap dan standar kemiringan atap yang ideal :

6 Jenis Atap dan Standar Kemiringan Atap yang Ideal

1. Atap Dak

Kemiringan pada atap dak bisa dibuat nol derajat, asal pengecorannya benar. Namun jika ingin dibuat miring sesuai dengan bentuk rumah juga tidak masalah, sudut kemiringan yang disarankan 5 derajat.

Anda dapat melapisi atap dak dengan lapisan waterproof agar terhindar dari kebocoran atap, adukan semen yang baik juga berpengaruh terhadap merembes atau tidaknya air.

 

2. Atap Beton

Tidak sedikit rumah yang menggunakan atap beton, karena daya tahannya yang kuat. Jika Anda ingin menggunakan atap beton, standar kemiringan yang idealnya adalah 30 hingga 35 derajat.

Ketahui 3 Cara Mudah Mengetahui Kemiringan Atap Disini

3. Atap Asbes / Seng

Atap asbes menjadi salah satu atap yang paling dikenal, lantaran atap ini sering dipakai di banyak rumah. Atap asbes juga sangat mudah dipasang dan tidak rawan bocor karena memiliki sambungan yang bagus.

4. Atap Genteng Metal

Genteng metal termasuk jenis atap yang praktis karena bahannya yang ringan, genteng metal hanya berbobot sekitar 25 – 75 kg per m2, sedangkan genteng keramik berbobot kurang lebih 375 kg per m2.

Inilah 5 Pro & Kontra Seputar Genteng Metal

Untuk memasang genteng metal pada rumah, Anda membutuhkan sudut kemiringan dari 25 hingga 35 derajat.

 

5. Atap Genteng Keramik

Atap genteng keramik mulai banyak digunakan oleh masyarakat, karena jenis atap ini mampu meredam panas dengan baik. Sudut kemiringan yang baik untuk atap jenis ini ialah 30 derajat.

 

6. Atap Spandek

Atap spandek adalah atap yang  terbuat dari zincalume yang diolah dengan teknologi modern. Atap ini bersifat ringan dan tahan lama. Sudut kemiringan yang disarankan untuk atap ini ialah 5 sampai 60 derajat.

Atap Spandek, Atap yang Sering Digunakan di Kanopi Baja Ringan

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.